Jam Operasional: Setiap Hari - 24 Jam

Skrining Kanker Payudara Gratis RSUD Komodo dalam Rangka Perayaan Hari Ibu 2023

Skrining Kanker Payudara Gratis RSUD Komodo dalam Rangka Perayaan Hari Ibu 2023

  22 January 2024, 01:29 AM WITA

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia merilis tema Hari Ibu pada tahun 2023 yaitu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju". Dari tema yang diangkat merupakan rahasia umum bahwa untuk mewujudkan Indonesia maju sangatlah penting peranan perempuan. Peringatan hari ibu selalu menjadi momen khusus untuk mengucapkan terima kasih atas jasa seorang ibu namun kali ini tak hanya itu peringatan hari ibu 2023 menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa.  Perayaan hari ibu yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember pada tahun ini memiliki 4 sub tema yaitu Perempuan bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli dan terakhir Perempuan dan Revolusi. Untuk mewujudkan peranan perempuan berkontribusi penuh dalam memajukan kehidupan bangsa maka kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
Sejalan dengan cita cita mewujudkan peningkatan derajat kesehatan utamanya perempuan dalam mendukung peranannya masing-masing untuk berdaya dan berkarya  RSUD Komodo akan  menyelenggarakan "Skrining Kanker Payudara Gratis"  dan " Sosialisasi Pentingnya Sadari" untuk masyarakat Kabupaten  Manggarai Barat dan sekitarnya. 
Kanker payudara merupakan salah satu kanker tebanyak pada perempuan selain kanker leher rahim.  Kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran dan jaringan penunjangnya, tidak termasuk kulit payudara. Hal ini terjadi karena adanya pembelahan dan pertumbuhan sel di dalam payudara yang tidak terkendali. Penyebab terjadinya Kanker payudara pada Perempuan belum diketahui secara pasti namun beberapa hal dapat memicu munculnya kanker payudara, diantaranya adalah sebagai berikut: Perokok aktif maupun pasif, Haid pertama pada umur kurang dari usia 12 tahun, Tidak pernah menyusui anak, Melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun, Pola makan yang buruk, Riwayat penyakit kanker pada anggota keluarga.
Sebagian besar pasien kanker datang berobat pada stadium lanjut. Untuk menemukan kanker payudara pada stadium yang lebih dini, penting bagi kita untuk mengajak masyarakat selalu waspada dan melakukan deteksi dini kanker payudara dengan 2 hal, yaitu: SADARI = Pemeriksaan Payudara Sendiri dan SADANIS = Pemeriksaan Payudara secara Klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehan.
Rangkaian Agenda Peringatan Hari Ibu di RSUD Komodo dilaksanakan dari tanggal 20 s/d 30 Desember 2023 mendapat antusiasme yang cukup besar dari warga Manggarai Barat dan sekitarnya. Kegiatan Sosialisasi Pentingnya SADARI dibawakan oleh dr. Gusti Krisnawati Ninu yang dilaksanakan di Poli Rawat Jalan RSUD Komodo dan dikuti oleh pengunjung Poli Rawat jalan baik ibu-ibu maupun bapak-bapak baik pasien pendamping maupun pengunjung poli rawat jalan dengan cermat memperhatikan penjelasan dr Gusti terkait langkah-langkah SADARI untuk mendeteksi dini adanya Kanker payudara. Selain itu dilakukan juga pemeriksaan Payudara secara Klinis secara komprehensif secara Gratis oleh dr Umum, dr. Spesialis Radiologi dan dr. Spesialis Bedah RSUD Komodo. 
Kegiatan ini juga sekaligus mempromosikan salah satu alat kesehatan canggih untuk mendeteksi Kanker Payudara secara akurat yang pertama dan satu-satunya ada di Flores yaitu Mammografi, sebanyak 19 ibu mendapatkan kesempatan untuk mendeteksi Kanker Payudara secara akurat dengan alat canggih tersebut. Seperti kita tau tujuan utama dilaksanakan kegiatan skrining/ deteksi dini Kanker Payudara adalah untuk menemukan sedini mungkin