Jam Operasional: Setiap Hari - 24 Jam

Baksos Operasi Katarak dan Skrining Penyakit Jantung Bawaan di RSUD Komodo Labuan Bajo

  • Beranda  /
  • Berita  /
  • Baksos Operasi Katarak dan Skrining Penyakit Jantung Bawaan di RSUD Komodo Labuan Bajo

Baksos Operasi Katarak dan Skrining Penyakit Jantung Bawaan di RSUD Komodo Labuan Bajo

  12 September 2023, 09:44 AM WITA

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Skrining Penyakit Jantung Bawaan telah dilaksanakan dengan sukses di RSUD Komodo pada tgl 7-9 September 2023.

Kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi yang sangat solid beberapa rumah Sakit seperti Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo Surabaya dan tentunya RSUD Komodo sebagai tuan rumah pelaksanaan Acara Bhakti Sosial ini. Tak Lupa dukungan  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang turut dalam mensukseskan kegiatan sosial ini.

Selain mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari warga Manggarai Barat, acara ini juga ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia bapak Budi Gunadi Sadikin. Pada momen tersebut Pak Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan proses skrining penyakit jantung bawaan yang dilakukan oleh dr. Rahina dengan sasaran anak usia 0-18 tahun.

Tidak lupa, Bapak Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meninjau proses skrining katarak, persiapan pre operasi dan Pasca Operasi Katarak, Pak Budi Gunadi Sadikin didampingi oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng bahkan melakukan dialog dengan pasien yang sedang menjalani observasi pasca operasi katarak.

Dalam kegiatan ini, jumlah total pasien dalam Skrining Penyakit Jantung Bawaan adalah 17 pasien, sedangkan total pasien 30 pasien yang telah menjalani skiring katarak dan yang menjalani operasi katarak 15 pasien.

Harapannya, kegiatan Bhakti sosial seperti ini akan lebih sering dilaksanakan di Manggarai Barat, agar dapat memberikan dampak positif yaitu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.